Selasa, 31 Maret 2009

Peranan Sarana Produksi

Pangan adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda karena merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan rakyat Indonesia. Kebutuhan akan pangan dari tahun ke tahun meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Pemenuhan kebutuhan pangan tersebut salah satunya melalui peningkatan produksi tanaman pangan.

Dalam rangka peningkatan produksi tanaman pangan, maka diupayakan peningkatan produktivitas, perluasan areal tanam, pengamanan produksi, penguatan kelembagaan dan pembiayaan. Peningkatan produktivitas ditempuh melalui perbaikan mutu benih dan pengantian varietas yang lebih unggul, termasuk padi hibrida, pemupukan berimbang dan pupuk organik, perbaikan teknologi (pengolahan tanah, pengairan dan lain-lainnya). Perluasan areal tanam ditempuh melalui optimalisasi lahan, cetak sawah baru, konservasi dan lain-lain. Pengamanan produksi ditempuh melalui pengendalian organisme pengganggu tanaman dan dampak fenomena iklim serta penanganan pasca panen. Penguatan kelembagaan dan pembiayaan dilakukan melalui penguatan kelompok tani, Gapoktan, KTNA, UPJA dan lain-lain.

Produksi komoditas tanaman pangan, khususnya padi, jagung dan kedelai pada tahun 2008 (ARAM III 2008) mengalami peningkatan dibanding tahun 2007. Peningkatan ini disebabkan karena peningkatan luas panen dan produktivitas komoditas tanaman pangan

Peningkatan produksi komoditas tanaman pangan di atas salah satunya merupakan kontribusi dari dukungan sarana produksi seperti penggunaan pupuk berimbang, pupuk majemuk, pupuk organik, penggunaan pestisida secara bijaksana, penggunaan alsintan dan lain-lain.

Pada tahun 2009 peningkatan produksi akan lebih terfokus pada peningkatan produktivitas, karena terindikasi luas baku lahan sawah terus mengalami penurunan (110.000 ha / tahun). Sementara itu, penambahan lahan pertanian memerlukan biaya yang sangat besar. Dengan demikian, dukungan sarana produksi pada tahun 2009 diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan produksi tanaman pangan tahun 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar